blog banner

Tidak Perlu Bingung, Ini Cara Mengatur Suhu dan Menggunakan Oven Convection!

ilustrasi oven

Gas convection oven salah satu jenis oven yang banyak digunakan untuk memanggang roti, sehingga sangat direkomendasikan untuk kebutuhan bisnis kuliner bidang pastry dan bakery. Meski begitu, cara pemakaiannya pun berbeda dengan jenis oven lainnya. Lalu, bagaimana cara mengatur suhu dan menggunakan ovennya? Yuk, simak!

Cara Mengatur Suhu Oven Convection 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu saja kamu harus memahami cara mengatur suhu dari oven tersebut. Untuk mengatur suhu oven konveksi gas tidaklah sulit, kamu bisa melihatnya pada gambar thermocontrol digital. Berikut penjelasannya. 

  1. Pada bagian mode, kamu bisa menggunakannya untuk mereset suhu yang sudah ditentukan. Caranya dengan menekan tombol mode dalam waktu yang lama. Secara otomatis akan terulang kembali dan aturlah suhu panasnya.
  2. Tombol panah bawah berfungsi untuk menurunkan suhu angka yang terdapat pada panel oven convection.
  3. Sementara pada tombol panah kiri digunakan untuk menentukan menit ataupun detik pada panel digital oven convection.

Bagaimana, Cara Penggunaan Oven Gas Convection?

Cara penggunaan oven convection juga sangat mudah, bahkan bisa digunakan untuk yang awam sekalipun. Umumnya, oven tipe ini menyediakan kapasitas lima loyang, 10 loyang, hingga kapasitas besar lainnya. Agar tidak bingung, kamu bisa melihat langkah-langkah penggunaannya berikut ini. 

  1. Kamu perlu menyambungkannya regulator gas ke tabung LPG. Selanjutnya, colokan listrik oven gas ke stop kontak. Pastikan kapasitas daya listrik mencukupi agar tidak mengganggu proses pemanggangan.
  2. Kemudian nyalakan oven dengan memutar knop power yang searah dengan jarum jam.
  3. Lalu, nyalakan kipas blower dengan cara yang sama, yakni searah dengan jarum jam yang berada di samping power.
  4. Selanjutnya, aturlah suhu sesuai kebutuhan yang diinginkan. Untuk baking adonan cookies, croissant, pastry, dan sebagainya. Umumnya, untuk kue kering menggunakan suhu 170°C.
  5. Setelah suhu oven sudah mencapai suhu panas yang ditentukan, kamu bisa memasukkan loyang berisi adonan kue dan roti yang hendak dibuat. 
  6. Terakhir, tinggal mengatur timer sesuai waktu yang diinginkan.

Sekadar tips, tipe oven ini lebih cocok untuk kue kering karena mampu menyebarkan suhu panas yang merata ke seluruh adonan. Suhunya juga lebih stabil, sehingga kamu bisa mengaturnya sesuai kebutuhan. Selain itu, hasil produksi kue maupun roti akan lebih maksimal karena rasanya yang terjamin enak dan berkualitas. 

Berapa Harga Oven Convection?

Bagaimana, kamu tertarik untuk menggunakan gas convection oven? Jenis oven ini sangat cocok digunakan untuk memproduksi kue dan roti dalam jumlah besar. Untuk harganya tentu saja tidaklah murah, mengingat fitur yang ditawarkan juga sebanding. Untuk harganya dibanderol mulai dari jutaan hingga puluhan juta rupiah. Maka dari itu, siapkan budget sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published.