blog banner

Agar Awet, Simak 4 Tips Cara Merawat Astoria Machine Espresso

Illustrasi Penggunaan Astoria Espresso Machine

Pada dasarnya sebagian besar pengguna Astoria Machine Espresso ini memang paling banyak digunakan di café jika dibandingkan dengan penggunaan pribadi. Hal ini bukan tanpa alasan, disebabkan karena memang sangat mudah dan sangat praktis sehingga memberikan kemudahan untuk barista dalam menyajikan kopinya. 

Astoria Machine Espresso sendiri adalah salah satu mesin asal italia yang memang sudah terkenal sebagai produk yang profesional. Alat pembuat kopi ini juga semakin banyak digunakan di Indonesia. Namun karena ini mesin yang bagus, pastikan untuk berhati – hati dalam perawatannya. 

Mengingat ada banyak sekali keunggulan dan manfaat dari Astoria Machine Espresso, maka merawat mesin kopi satu ini juga sangat penting. Karena akan membuat pekerjaan Anda semakin mudah dan cepat untuk bisa diselesaikan. Sehingga Astoria Machine Espresso memang paling cocok digunakan di café. 

Walaupun demikian ada banyak juga yang menggunakannya untuk keperluan peribadi. Nah, untuk anda yang menggunakannya untuk keperluan pribadi ataupun bisnis sebenarnya ada cara merawat mesin kopi ini yang harus Anda pahami. Sehingga nantinya tidak akan membuat mesin ini cepat rusak dan akhirnya lebih awet diantaranya adalah:

Hindari Bahan Kimia

Hal yang paling utama harus diperhatikan ketika akan merawat Astoria Machine Espresso ini adalah hindari menggunakan bahan kimia. Pasalnya, bahan kimia yang digunakan bisa mengendap dalam mesin sehingga bisa menyebabkan perubahan pada rasa kopi yang dihasilkan. 

Ini salah satu alasan mengapa mesin kopi tidak disarankan jika dibersihkan dengan menggunakan bahan kimia. Pasalnya bahan kimia juga tidak baik untuk kesehatan jika kemungkinan masuk ke komponen mesin dan masuk ke kopinya. 

Hindari Menggunakan Air Panas

Pada saat akan merawat dan membersihkan Astoria Machine Espresso pastikan untuk tidak membersihkan dengan komponen apapun yang mengandung air panas. Hal ini karena, mesin ini terbuat dari kaca, porcelain ataupun keramik. Sehingga jika terkena air panas tentu saja akan menyebabkan pecah. 

Seperti yang diketahui harga dari Astoria Machine Espresso tentu tidak mudah, jika ada komponen yang pecah walaupun masih bisa diganti tetap saja nantinya akan sangat mempengaruhi pengguna karena bukan dari komponen asli. Dan pada akhirnya akan menghambat pekerjaan Anda. 

Pastikan untuk Anda menggunakan Sikat atau Lap Halus

Untuk bisa membersihkan mesin kopi ini, maka sangat perlu diperhatikan untuk menggunakan sikat lap yang halus. Pasalnya sikat yang halus sangat aman digunakan untuk bagian permukaan mesin Astoria Machine Espresso. Pasalnya karena bagian permukaannya benar – benar sangat halus, sehingga menggunakan sikat dan lap yang kasar akan membuat goresan pada mesin. Goresan pada mesin akan mempengaruhi penampilannya. 

Menjaga Kebersihkan Tangki

Untuk menjaga Astoria Machine Espresso agar tetap awet pastikan untuk tetap selalu menjaga kebersihan dari tangki air. Karena sebenarnya ini adalah bagian komponen paling utama. Pastikan untuk Anda menggunakan alat dengan baik dan sesuai dengan instruksinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.