blog banner

Ini Pentingnya Mengenal LPS Dan Deposito Yang Dijamin LPS

deposito dijamin lps

Suku bunga merupakan salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh nasabah ketika dirinya menaruh dana uangnya di dalam bank, entah berbentuk deposito hingga tabungan. Supaya lebih kompetitif lagi, umumnya perbankan akan memberikan penawaran berupa bunga spesial, maka dari itu pentingnya untuk mengenal deposito dijamin LPS.

Apa Itu LPS?

LPS sendiri adalah lembaga yang dibentuk oleh negara melalui undang – undang, alasan dasar yang mendasari lembaga yang satu ini adalah karena terjadi krisis moneter yang menimpa Indonesia pada 24 tahun silam yang mana dampak dari krisis tersebut berimbas kepada bank yang ada di Indonesia.

LPS bertugas sebagai lembaga yang menjamin simpanan, tujuannya adalah yakni memberi berupa jaminan simpanan yang dimiliki masyarakat dengan jumlah yang sekiranya terbatas. Serta memberikan perumusan berupa kebijakan demi terjaminnya stabilitas sistem bank yang ada di Indonesia. Juga, mereka memberikan perumusan hingga pelaksanaan kebijakan yang mereka buat untuk menyelesaikan permasalahan bank yang gagal.

Anda patut waspada jika diberikan tawaran bunga ratio yang tinggi oleh bank, karena anda perlu tahu bunga dari deposito yang dijamin LPS untuk jaga – jaga dalam rangka antisipasi permasalah di masa yang akan datang. 

Inilah Jumlah Deposito Yang Dijamin LPS

Umumnya bunga yang anda peroleh dari simpanan maupun deposito yang telah dijamin oleh LPS tak boleh lebih dari bunga ratio jaminan LPS. Jika hal ini terjadi maka anda sebagai nasabah tidak akan mendapatkan penjaminan dari LPS.

Sebenarnya tidak ada larangan jika anda maupun dari pihak bank memberi bunga yang cukup tinggi hingga melewati bunga ratio yang diberikan oleh jaminan LPS, namun anda sebagai nasabah harus selektif lagi karena anda telah mengetahui resiko dari hal tersebut.

Demikian artikel mengenai seputar LPS dan deposito yang dijamin LPS, sehingga harapannya anda sebagai nasabah bisa berhati – hati lagi dan lebih selektif lagi jika ingin menaruh dana simpanan atau depositonya di dalam bank. Maka dari itu telitilah sebelum menaruh dana anda karena tidak akan ada yang tahu mengenai apa yang terjadi di masa depan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.