blog banner

Mengenal Fungsi Dari Bank Umum Dan Bpr Untuk Masyarakat Luas

fungsi bank umum dan bpr

Saat mendengar kata bank pasti sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat, karena bank sendiri ditujukan untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat sehingga memiliki peranan yang cukup penting dalam kehidupan masyarakat. Sehingga fungsi bank umum dan bpr, dapat meliputi sebagai berikut:

Fungsi dari bank umum di kehidupan masyarakat

  1. Dapat mengatur peredaran uang dengan memberikan kewenangan penciptaan uang giral.
  2. Bank umum juga menyediakan jasa penyimpanan dana dan barang berharga dari masyarakat.
  3. Tidak hanya itu, bank umum juga akan memberikan fasilitas untuk kelancaran pembayaran
  4. Jika Anda ingin melakukan transaksi internasional, Anda dapat melakukannya pada bank umum. Selain itu, bank umum ini juga memiliki dua jenis.

Jenis dari bank umum

Bank umum sendiri terbagi menjadi dua jenis, hal ini berdasarkan kemampuannya dalam menyediakan jasa kepada masyarakat. Melalui pertimbangan dari sisi modal serta kualitas pelayanan dan jumlah produk yang dimiliki. Berikut ini merupakan jenis dari bank umum:

  1. Bank devisa, jenis bank umum yang pertama yaitu bank devisa. Bank devisa ini merupakan bank yang telah disetujui oleh bank Indonesia sebagai salah satu bank sentral yang dapat menjalankan kegiatannya dalam valuta asing atau valas. Oleh karena itu, bank devisa ini dapat menawarkan produk atau jasa yang dimilikinya berkaitan dengan mata uang asing. Misalnya dengan transfer uang ke luar negeri dan lainnya.
  2. Bank non devisa. Jenis bank ini yaitu bank yang belum memiliki izin dalam menjalankan transaksi sebagai bank devisa, sehingga transaksinya cukup terbatas. Karena belum memiliki izin dari bank Indonesia, maka produk dan layanan ini tidak dapat berkaitan dengan luar negeri, atau dengan kata lain nasabah tidak dapat melakukan transaksi melalui ekspor impor atau jual beli dalam valuta asing.

Fungsi dari BPR 

  1. Memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas mengenai perbankan. Bahkan hingga saat ini masyarakat masih sedikit awam mengenai fungsi utama dari BPR. Apalagi bagi mereka yang belum memiliki edukasi tentang perbankan, mereka lebih memilih menyimpan uangnya di rumah saja daripada di bank.
  2. Membuat pemerataan kesempatan dalam membuka usaha. Di zaman yang sudah cukup canggih dengan memanfaatkan teknologi ini, banyak anak muda yang memiliki ide bisnis dengan kreatif. Agar ide tersebut dapat terwujud maka mereka juga membutuhkan modal keuangan yang cukup, dan BPR hadir untuk membantunya untuk menyediakan modal.

Mempercepat pembangunan desa. Saat ini, banyak BPR yang sudah di bangun di desa. Fungsinya yaitu agar masyarakat desa tidak merasa ketinggalan zaman dan kekurangan informasi terkait dengan dunia bisnis. Untuk itulah dengan adanya bpr yang dibangun di desa dapat membantu mempercepat pembangunan desa. Jadi bagaimana, apakah sudah cukup jelas mengenai fungsi bank umum dan bpr di Indonesia?

Leave a Reply

Your email address will not be published.