blog banner

5 Tips Aman Pinjam Uang Sertifikat Rumah

mata uang dollar

Anda berencana untuk mengajukan pinjaman dengan gadai sertifikat rumah? tentu tidak dapat dilakukan secara asal. Supaya pinjam uang sertifikat rumah Anda berjalan lacar, ikuti dan terapkan tips aman di bawah ini dalam menggadaikan sertifikat rumah. 

  1. Nama Terdaftar di Sertifikat Rumah

Apabila Anda berencana untuk menggadaikan sertifikat rumah, maka perlu memastikan bahwa sertifikat rumah dapat dibuktikan keaslian dan kepemilikannya. Biasanya, banyak dari lembaga keuangan yang tidak akan melayani pinjaman dengan sertifikat rumah yang belum balik nama. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda dalam memastikan sertifikat yang dimiliki telah tercantum nama yang tepat. Apabila belum balik nama, maka lakukan balik nama sesuai dengan panduan yang berlaku. 

  1. Rasio Utang Tidak Melebihi Penghasilan Bulanan

Memang dibandingkan dengan pengajuan pinjaman lainnya, pengajuan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah memiliki peluang yang lebih besar untuk disetujui. Namun terdapat beberapa pertimbangan penting yang dipikirkan oleh lembaga finansial sebelum akhirnya menyetujui pengajuan Anda, sehingga adanya risiko ditolak.

Supaya pengajuan pinjaman Anda dapat diterima, maka pastikan bahwa rasio utang Anda masih ideal, yakni tidak lebih dari 30% pemasukan bulanan.Dengan begitu, Anda pun dapat meyakinkan lembaga keuangan bahwa kondisi finansial Anda cukup sehat untuk diberikan pinjaman.

Selain peluang yang disetujui lebih besar, cara ini pun dapat membuat sertifikat rumah Anda lebih aman, karena risiko akan kredit macet semakin minim. Dengan begitu, tidak ada kemungkinan rumah dan sertifikat Anda disita.

  1. Pastian Lembaga Keuangan Terdaftar Di OJK

Supaya Anda aman dari penipuan ,maka perlunya untuk memastikan bahwa lembaga keuangan yang dipilih telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Saat ini, sudah banyak bank dan perusahaan keuangan lainnya yang menyediakan pinjam uang sertifikat rumah dan telah diawasi oleh OJK, dengan begitu aman bagi Anda untuk bertransaksi.

  1. Melengkapi Syarat Pengajuan

Tips aman pinjaman gadai sertifikat rumah ialah memastikan bahwa Anda telah melengkapi berbagai syarat-syarat menggadai sertifikat rumah di pegadaian atau lembaga keuangan lainnya. 

Siapkan segala berkas atau dokumen yang diminta serta kumpulkan semua dokumen ke dalam sebuah map agar lebih rapi.

  1. Memeriksa status 5C

Biasanya, bank akan mengkaji kecakapan calon debitor dengan melakukan analisa 5C, yaitu Capacity, Condition, Collateral, Character, dan Capital. Hal ini dilakukan agar dapat memastikan calon debitur layak untuk menerima pinjaman. 

Pihak bank tidak akan memberi pinjaman uang sertifikat rumah apabila Anda mempunyai hutang yang banyak dan menumpuk. Jika Anda tidak memiliki penghasilan yang masuk, maka akan adanya kemungkinan menyebabkan kredit macet. Oleh karena itu, pastikan jika Anda memiliki finansial yang cukup kuat sebelum melakukan pinjaman dengan cara menggadai sertifikat rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.