blog banner

Pentingnya Mengetahui Genset Silent

genset silent

Aliran listrik merupakan hal yang sangat penting untuk menyokong pekerjaan dan kebutuhan sehari-harinya. seluruh kegiatan rumah tangga, perkantoran, sekolah, dan lain sebagainya pada setiap kegiatannya selalu membutuhkan listrik. Mulai dari penerangan, AC, mesin produksi, dan lain sebagainya. Sudah tidak asing kalau kebanyakan orang memiliki genset silent sebagai alternatif di saat listrik padam. 

Genset menjadi komponen yang penting digunakan dalam kehidupan sehari-hari terutama pada saat terjadinya pemadaman sumber tenaga listrik oleh PLN dan dijadikan sebagai alternatif solusi untuk pengganti listrik yang padam. Genset menjadi salah satu komponen cadangan untuk memenuhi kebutuhan listrik.

Perlu kita ketahui bahwasannya terdapat beberapa jenis genset, yang salah satunya adalah genset silent. Genset silent merupakan genset yang mampu menghasilkan listrik tanpa harus mendengar suara berisik yang keluar dari genset tersebut. Pasalnya, genset silent ini didesain khusus untuk meredam suara kebisingan yang dihasilkan oleh mesin genset.

Tubuh dari genset silent ini dibalut rapi oleh plat – plat besi serta busa yang dapat mengurangi suara mesin yang dihasilkan oleh genset. Dengan desain yang sedemikian rupa tersebut, genset silent sangat cocok digunakan pada lingkungan yang aktif.

Harga genset silent ini terbilang cukup mahal, akan tetapi genset ini bersifat open – type dan sangat direkomendasikan untuk kenyamanan penggunanya. Terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki genset silent dan jarang diketahui oleh banyak orang yaitu sebagai berikut.

Tidak bising saat dioperasikan

Genset silent memiliki bagian berupa box canopy yang memiliki fungsi untuk meredam suara dari genset tersebut saat dioperasikan. Box tersebut berasal dari bahan plat besi yang tebal, dengan ketebalan berkisar 2-3 mm. Adanya box tersebut menyebabkan suara mesin tidak terdengar, sehingga suara genset silent ini tidak berisik dan  sangat cocok bagi Anda yang tidak suka kebisingan atau membutuhkan suasana yang tenang.

Perawatan mesin mudah

Seperti halnya mesin-mesin yang berada di sekitar Anda, genset silent ini juga memerlukan perawatan secara berkala. Akan tetapi dibandingkan dengan mesin genset lainnya, perawatan genset silent ini tidaklah sulit dan tidak terlalu memakan biaya perawatan dengan harga genset silent yang cukup besar.

Tahan terhadap cuaca

Genset silent ini umumnya diletakan di luar ruangan, sehingga tentunya akan terkena panas matahari maupun hujan. Pasalnya, genset silent ini memiliki ketahanan terhadap segala jenis cuaca baik panas maupun hujan. Akan tetapi, Anda juga perlu memastikan bahwa box canopy genset Anda kedap terhadap air sehingga tidak mampu merusak genset milik Anda.

Demikian pembahasan mengenai genset silent. Umumnya genset merupakan salah satu komponen yang cukup penting untuk menggantikan listrik yang padam. Salah satunya yaitu genset silent yang memiliki beberapa keunggulan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.