blog banner

Apakah Bermanfaat Anak Ikut Les Pelajaran Sekolah Nasional Sejak Dini?

les matematika SD yang bagus

Zaman sekarang sudah banyak fenomena orang tua yang mendaftarkan anaknya untuk ikut les matematika SD yang bagus, kursus, ataupun bimbel dengan tujuan memberikan pembelajaran tambahan bagi mereka. Akan tetapi, apakah hal ini sebetulnya memang efektif untuk membantu prestasinya di bidang akademik? 

Inilah Waktu yang Tepat Untuk Mendaftarkan Les Anak

Mengikuti les pelajaran sekolah nasional untuk anak mungkin terdengar sangat bermanfaat dan luar biasa untuk perkembangan mereka. Namun, di sisi lain, kita juga harus tahu apa keinginan si anak. Pastikan dahulu apakah mereka benar-benar ingin mengikuti seluruh kegiatan les atau tidak. Mengapa demikian?

Banyak anak sekolah yang sepertinya tidak menunjukkan perubahan dalam bidang akademik mereka di sekolah walaupun sudah diberikan jadwal padat setelah pulang sekolah dengan belajar lagi di tempat les. Hal ini bisa jadi karena mereka yang sering melewati kelas ataupun mungkin materi yang dijelaskan di tempat les tidak dapat ditangkap dengan mudah oleh mereka.

Itulah mengapa pentingnya orang tua untuk memastikan apakah si anak memang ingin ikut les matematika SD yang bagus dan menyibukkan jadwalnya dengan belajar lagi setelah pulang sekolah. Ketahui dulu kondisi dan kemampuan anak. Apabila anak masih berusia 6 – 8 tahun, maka perhatikan juga jam bermain mereka. Anak dengan rentang usia seperti itu pasti masih juga membutuhkan yang namanya bermain. 

Nah, beda lagi jika anak sudah berusia 9 – 15 tahun. Anak-anak seperti ini cenderung sudah tumbuh lebih dewasa. Boleh-boleh saja jika ingin mendaftarkan mereka les. Selain melihat dari usia mereka, perhatikan juga kemampuan mereka di sekolah. Apakah memang betul-betul membutuhkan pembelajaran tambahan atau tidak.

Apa Manfaat Les Untuk Anak?

Orang tua yang mendaftarkan mereka les pelajaran sekolah nasional pastinya sudah tahu apa manfaatnya untuk anak mereka. Selain bermanfaat untuk membantu belajar mereka di luar sekolah, ada banyak hal yang bisa didapatkan. Dilihat dari beberapa aspek, inilah manfaat untuk anak yang mendapat les matematika SD yang bagus

1. Anak memiliki partner belajar

Tidak dipungkiri bahwa dengan belajar di luar sekolah, anak bisa mempunyai teman belajar. Memperbanyak relasi dan hubungan erat antara guru dan murid membuat anak lebih percaya diri dan mudah bersosialisasi dengan sekitarnya. Kadang ada anak yang tidak berani bertanya kepada gurunya di sekolah ketika pembelajaran berlangsung. Nah, dengan les anak akan lebih mudah mengutarakan pertanyaannya.

2. Anak dapat meningkatkan kompetensi belajar

Berbeda dengan ketika belajar di sekolah, anak akan lebih bisa mudah bertanya dan guru lesnya pun akan lebih mudah membimbing anak karena yang diajar mereka hanya beberapa murid saja. Secara tidak langsung, anak akan lebih mudah fokus.

3. Mendapat fasilitas respon untuk bimbingan belajar

Kata siapa anak tidak bisa belajar di luar jam les mereka? Tentu mereka bisa. Dengan bertanya ke guru les, anak bisa mendapat respon dan bimbingan belajar dengan mudah meskipun di luar jam les. Anak masih bisa produktif belajar ditambah mendapat bimbingan oleh guru les

Ada banyak manfaat yang diterima anak apabila mereka mengikuti les matematika SD yang bagus. Akan tetapi, terlebih dahulu menanyakan mereka perihal mau atau tidak didaftarkan les karena akan percuma saja jika tetap mengikutsertakan anak jika mereka tidak punya semangat belajar di luar sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.