blog banner

Yuk Mengenal Asuransi Kecelakaan dan Seberapa Penting Untuk Kamu Miliki

Ilustrasi penjelasan asuransi kecelakaa oleh agen asuransi

Kehidupan yang semakin modern ini menghadirkan kita banyak fasilitas, salah satunya adalah asuransi. Yah mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu, asuransi dimiliki untuk menjamin suatu bentuk kerugian akan sesuatu. Asuransi kesehatan untuk menjamin biaya perawatan atau pengobatan, asuransi kecelakaan untuk menjamin pembiayaan akibat kecelakaan, dan jenis asuransi lainnya.

Apa Itu Asuransi Kecelakaan?

 Sebagaimana namanya, asuransi kecelakaan dibuat untuk menjamin pembiayaan akibat resiko yang kamu alami ketika kecelakaan, baik kecelakaan saat berkendara, kecelakaan saat berjalan, maupun kecelakaan ketika di tempat kerja. Itulah salah satu manfaat asuransi kecelakaan untukmu. Selain itu, kamu akan merasa diringankan akibat biaya pengobatan tersebut.

Apa manfaat asuransi kecelakaan selain untuk menjamin biaya kecelakaan?

Kebanyakan dari kita mungkin berfikir yang namanya asuransi kecelakaan yah hanya digunakan ketika mengalami kecelakaan, padahal manfaatnya lebih besar daripada itu. Hal pertama yang kamu rasakan ketika memiliki asuransi kecelakaan adalah kamu merasa lebih nyaman dan aman saat bekerja. Hal ini bukan berarti kamu ceroboh dalam bekerja ya karena sudah memiliki asuransi.

Tentunya setiap dari kita selalu mengusahakan untuk mendapatkan keselamatan dan aman ketika bekerja ataupun ketika berkendara. Akan tetapi, kita juga tidak tahu apakah keberuntungan selalu berada dipihak kita. Oleh karena itu setidaknya kita sudah sedia asuransi, sebelum mendapati musibah. Sehingga perasaanmu menjadi lebih aman dan tenang.

Umumnya hal yang akan ditanggung oleh pihak asuransi berupa biaya pengobatan atau perawatan akibat kecelakaan yang kamu alami, baik itu yang sifatnya cacat sementara atau cacat permanen. Selain itu, biaya pengobatan langsung akibat kecelakaan juga akan ditanggung oleh pihak asuransi. Contohnya pengobatan luka berdarah, lecet, memar, dan lainnya.

Pentingnya asuransi kecelakaan yang lain yaitu memberikan perlindungan untuk keluarga apabila hal yang tidak diinginkan terjadi, yaitu kecelakaan yang menyebabkan kematian. Tentunya hal tesebut tidaklah diinginkan, akan tetapi tidak ada salahnya bila kamu persiapkan. Ketika seseorang meninggal akibat kecelakaan, maka pihak asuransi kecelakaan akan memberikan uang santunan atau pertanggung jawaban untuk keluarga yang ditinggalkan.

Jenis Asuransi Kecelakaan di Indonesia

Pentingnya asuransi kecelakaan memberikan kita suatu ruang pertanyaan, kira-kira jenis kecelakaan apa saja yang bisa menjadi bagian penting dari asuransi tersebut. Beberapa diantaranya adalah berupa asuransi kecelakaan diri, asuransi kecelakaan kerja, asuransi kecelakaan pesawat, asuransi kecelakaan lalu lintas, dan lainnya. Tentunya besarnya tanggungan asuransi tersebut tergantung dengan pihak penyedia asuransi dan fasilitas yang ditawarkan.

Masing-masing dari jenis asuransi kecelakaan diatas tentunya berbeda-beda yah. Asuransi kecelakaan diri untuk melindungi dirimu atas suatu kecelakaan dengan syarat tertentu. Misalnya kecelakaan bersifat mendadak, tidak disengaja, kecelakaan yang disertai kekerasan, sumber kecelakaan terlihat, dan adanya luka fisik. Kecelakaan ini lebih kepada kecelakaan yang kita alami sendiri. 

Itu dia beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai asuransi kecelakaan, baik itu nantinya kecelakaan diri, kecelakaan ketika bekerja, kecelakaan saat berkendara, dan yang lainnya. Tentunya memiliki asuransi kecelakaan menjadi satu point penting untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman saat beraktivitas. Selain itu, dapat memberikan perlindungan finansial akibat suatu kecelakaan yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.