blog banner

Cara Menggunakan Alat Pengukur Kesuburan Wanita Maupun Secara Alami

alat tes masa subur

Para wanita memang dianugerahkan Tuhan menjadi seorang ibu. Bagi ibu yang sedang menjalani program kehamilan, ada baiknya untuk memeriksa masa subur menggunakan alat pengukur. Berikut ini cara menggunakan alat tes masa subur wanita:

  1. Alat tes masa subur wanita

Setelah menikah, kehamilan adalah yang paling ditunggu pasangan suami-istri, hadirnya seorang anak yang dapat mempererat pernikahan. Namun, proses kehamilan bagi seorang wanita berbeda-beda, ada yang hamil dalam waktu yang cepat, namun ada juga yang sudah menikah tetapi belum hamil. Bahkan saat hamil tidaknya semua berjalan dengan lancar sampai lahiran. Seringkali wanita jarang memperhatikan masa suburnya, sehingga wanita tidak mengetahui bahwa dirinya sedang hamil. Jika itu terjadi, wanita sering berlebihan beraktivitas hingga berakibat fatal, ataupun memakan yang dilarang saat hamil. Melalui alat pengukur kesuburan wanita, masa subur wanita bisa dideteksi terlebih lagi saat awal mulai menjalani pernikahan. Tentu, hamil menjadi waktu yang paling dinantikan bagi keluarga. Alat tersebut mirip dengan alat tes masa subur (test pack), bedanya alat pengukur kesuburan biasanya digunakan wanita yang mengalami PCOS (sindrom ovarium polikistik) yang dapat berpengaruh terhadap hormon LH. Apabila hormon tersebut meningkat, artinya masa ovulasi akan datang dan menjadi waktu terbaik melakukan hubungan seksual dengan tujuan mendapatkan keturunan. 

  1. Mengukur suhu basal 

Selain menggunakan alat pengukur kesuburan, bisa juga diukur melalui suhu basal tubuh, yang dilakukan pada waktu tubuh beristirahat. Alat yang digunakan cukup memakai termometer yang sudah dilengkapi dengan fitur pengukur khusus suhu basal tubuh, suhu tubuh yang meningkat dari biasanya artinya bisa jadi wanita sedang dalam masa ovulasi. Hal ini dipengaruhi oleh indung telur wanita mengeluarkan hormon progesteron dan menyebabkan suhu tubuh meningkat. Agar deteksinya menjadi valid, disarankan untuk mengukur suhu tubuh basal setiap hari pada saat menstruasi dengan catatan rutin.

  1. Deteksi menggunakan lendir serviks

Melalui lendir serviks, Anda juga bisa mengecek masa ovulasi melalui perubahan lendir dari warnanya yang sedikit keputihan ataupun transparan seperti putih telur, tekstur lendir lebih elastis dan licin. Namun, kendalanya terkadang sulit membedakan antara keputihan atau memang sedang mengalami masa subur. 

Itulah tadi cara menentukan masa subur wanita dengan menggunakan alat pengukur kesuburan wanita maupun dengan cara-cara yang alami. Tujuannya adalah agar wanita cepat hamil dan mendapatkan momongan seperti harapan pasangan suami-istri dan keluarga. Meskipun usia pernikahan sudah berlangsung lama dan belum juga mendapatkan kesempatan hamil. Akan tetapi, tetap berusaha dan ikhtiar dengan berbagai macam kemungkinan yang bisa saja terjadi. Dengan langkah-langkah tersebut, bisa saja keberuntungan sedang berpihak dengan Anda. Rutin melakukan pemeriksaan suami-istri ke dokter kandungan jika dengan cara-cara tersebut masih belum berhasil. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.