blog banner

Tips Merawat Atap Agar Awet

kelebihan atap gelombang instant

Mendengar istilah atap gelombang instant mungkin masih banyak masyarakat yang belum begitu familiar.  Padahal faktanya,  jenis atap ini justru sudah sering digunakan.  Agar lebih memahaminya,  maka perhatikan penjelasan berikut ini. 

Kelebihan Atap Gelombang Instant

Seperti yang sudah diketahui bahwa jenis atap sangatlah banyak. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa atap gelombang instant memang menjadi salah satu jenis atap yang kian populer.

Tentunya kepopuleran atap ini bukan tanpa alasan. Melainkan karena terdapat beberapa kelebihan. Dengan kelebihan – kelebihan yang ditawarkan inilah yang pada akhirnya membuatnya menjadi populer. 

Berikut adalah beberapa kelebihannya :

  • Bobot Ringan

Proses pemasangan atap seringkali terkendala akibat bobotnya yang berat.  Namun tidak dengan atap gelombang dimana bentuknya berupa lembaran yang tentunya ringan.  Sehingga memudahkan dalam memindahkan atau memasang. 

  • Mudah Dipasang

Karena bentuknya lembaran dan bobotnya ringan,  maka membuat jenis atap ini mudah dipasang.  Tentunya akan sangat menguntungkan karena proses pemasangannya tidak akan membutuhkan waktu lama.  Sehingga tidak perlu membayar tenaga terlalu banyak dan tidak akan menyita waktu.

  • Kokoh

Meskipun ringan namun kekuatan dayanya tidak perlu diragukan.  Atap gelombang ini terbilang kokoh dan mampu menampung beban seperti terpaan angin maupun hujan sehingga tidak mudah roboh. 

  • Awet

Meski ringan namun kokoh.  Sehingga untuk segi keawetannya juga terbilang lama.  Namun ada baiknya diimbangi dengan perawatan yang tepat agar lebih memanjangkan umur atap itu sendiri. 

  • Mudah Didapatkan

Tidaklah sulit untuk menemukan atap gelombang ini karena memang dijual dipasaran baik itu secara online maupun offline.  Sehingga kapanpun anda membutuhkannya maka akan sangat mudah untuk menemukannya. 

Tips Perawatan Atap  Agar Awet

Sebenarnya atap gelombang instant maupun jenis atap apapun,  bisa saja awet sampai belasan hingga puluhan tahun jika dilakukan perawatan yang tepat.  Lalu seperti apakah perawatan atap yang tepat? 

  • Pembersihan Secara Berkala

Agar atap tetap terlihat bagus maka sangat disarankan untuk dibersihkan secara rutin.  Karena pastinya paparan angin dan hujan akan menyebabkan atap rawan terkena debu dan lumut yang tak hanya mengotori atap namun bisa juga lambat laun juga akan merusak keindahan tampilan atap tersebut. 

  • Pengecekan Secara Rutin

Selain pembersihan,  juga perlu dilakukan pengecekan rutin. Hal ini penting agar ketika ada bagian atap yang rusak bisa segera diperbaiki atau diganti.

  • Panggil Tukang Profesional

Jika anda bukanlah orang yang paham cara memperbaiki atap yang benar, maka sangat disarankan untuk memanggil tukang saja. Panggilah tukang yang sudah profesional dan berpengalaman untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pengerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.